Cerita tentang Mangga


Indonesia jin wa okanemochi desu! (Orang Indonesia kaya ya!!)

Itulah komentar sensei Bahasa Jepang saat kami diminta bercerita tentang Indonesia. Dalam cerita kami, kami menyebutkan bahwa rumah di Indonesia umumnya luas, punya beberapa bagian, tidak seperti rumah disini yang mereka sebut lebih mirip "kandang kelinci"..*SUGOIII!! itu komentar pertamanya. Lalu kami lanjutkan cerita tentang kebun di samping rumah kami yang punya banyaaaaaaaaaaaaak sekali pohon buah-buahan. Sensei tambah kaget. Kami sebutkan ada Mangga, rambutan, durian, pepaya, jeruk, nanas dan sensei tambah melongo. Bahkan sensei (menurut pengakuan pribadi) tidak punya bayangan mengenai bentuk buah-buahan yang kami sebutkan. Zannen desu ne..(kasihan yak?). Memang, dalam bidang pertanian, meskipun sudah high tech, Jepang masih belum bisa swasembada pangan. Kondisi 4 musim yang mereka miliki membuat kondisi ini semakin tidak menguntungkan jika mereka menggantungkan hidup dari produksi pangan lokal. Berbeda dengan negara Indonesia yang notabene negara tropis. Saat itu, saya merenung. Selama hampir 3 bulan disini, saya terus membandingkan kondisi negara asal saya yang NYARIS selalu kalah (memang begitu kenyataannya) di semua bidang dengan negara super duper cute dan keren ini. Fasilitas publik, kecanggihan teknologi, keramahtamahan masyarakat lokal, dan sebagainya. Tapi kali ini, INDONESIA YANG MENANG!! Kita punya banyak buah-buahan dan MURAH!! Minggu lalu, saat saya dan teman saya belanja kebutuhan sehari-hari (dalam rangka irit bin pelit), kami menemukan ini :


YUP!! itu mangga!! MANGGA!! dan liat harganya? 1200 yen! *UPDATE!! Kemarin ada yang lebih mahal lagi 1500 yen!! *prok prok prok..Kalo di-RUPIAHkan sekitar 120.000 ribu rupiah. JEDORRR! Bagaikan disambar petir, naluri kere saya dan teman saya mulai mengkalkulasi.


Dengan uang segitu, bisa beli 40 baju bekas di Kaizuka.
Dengan uang segitu, bisa makan sushi ama es krim ampe megap-megap.

Dengan uang segitu, bisa naik kereta ke Dazaifu 3 kali.

Dengan uang segitu, bisa buat makan seminggu di jogja!

Hahaa, edan. Itu dia kenapa sensei Bahasa Jepang ngira kami orang Indonesia kaya raya waktu kami bilang punya pohon mangga di halaman rumah. Belum tau rupanya.

Well, semoga ada yang mau membelimu mangga...

2 comments:

  1. wah edan mennn.. mangga harganya segitu... kalo aku punya satu pohon, rata2 misalnya berbuah 50 butir, dan diproyeksikan yg bisa dijual katakanlah 40 butir, berarti aku bisa dapat 40 x 1500 yen = 60000 yen wohohoho...Indonesia bener2 kaya, tp jepang lebih kaya (kaya ide)

    ReplyDelete
  2. ya begitu lah..SDA vs SDM..ga pernah bisa menandingi. Miris kadang, tapi gimana lagi? Semoga masa depan negara kita lebih baik, di tangan kita..#hahahaha, nglindur pagi2

    Tapi setidaknya, bisa bangga, kita punya mangga :D

    ReplyDelete