Fakta Menarik tentang Jepang

1. Daging kuda (mentah) sangat populer di Jepang. Umumnya dibuat Sashimi, tapi kadang juga dimasak matang untuk campuran makanan lain.

"semacam" soba dengan tambahan daging kuda yang saya makan di Kawaguchi Lake, Fuji (versi mateng)
2. Saat RUSH HOUR dimana para pekerja biasa berangkat dan pulang kerja, stasiun kereta api akan menjadi sangat crowded sehingga tak jarang petugas stasiun membantu "menjejalkan" penumpang itu ke dalam kereta.
3. Pasangan di Jepang merayakan Natal selayaknya merayakan Valentine's day. Saat Valentine's Day, umumnya wanita memberikan coklat kepada pria dan satu bulan setelahnya, 14 Maret, adalah White Day dimana pria yang dikasih coklat itu "harus" balikin apa yang wanita berikan, tentunya bukan coklat dan dengan nominal yang lebih mahal (bisa saja tas-tas branded bukan KW yang digilai wanita-wanita Jepang saat ini). Selengkapnya ada disini.
4. Pabrik garmen suka sekali naruh kata-kata dalam bahasa Inggris di produk fashionnya.  Image bahasa Inggris sebagai bahasa yang KEREN sangat membudaya disini. Mau tau contohnya?


5. Lebih dari 70% wilayah Jepang terdiri dari pegunungan, dengan lebih dari 200 gunung berapi dan Gunung Fuji adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif.
6. Agama di Jepang tidak memiliki peranan yang begitu penting. Bahkan beberapa orang mengaku mereka tidak tahu apa bedanya Shinto dengan Buddha. Saat ditanya, kapan mereka berdoa, jawabannya adalah saat mereka sedang kesusahan atau sedang menginginkan sesuatu, misalnya ingin masuk universitas terbaik, ingin naik jabatan, dll. Beberapa pasangan memilih untuk menikah di gereja, tapi saat tua dan lalu meninggal, maka mereka akan "diproses" sesuai apa yang diamanatkan sebelum meninggal, umumnya dengan cara Buddha (pertama saya susah memahami fakta ini, tapi lama-lama jadi biasa). Mereka juga mengklaim kalau mereka percaya semua Tuhan. Konon percaya makin banyak Tuhan makin bagus.
Church Wedding in Japan

Dazaifu Tenmangu Shrine
7. Buah-buahan relatif mahal, apalagi buah tropis, satu melon dengan bentuk bulat sempurna dan tampak menarik bisa terjual lebih dari $300US. Pernah baca cerita saya tentang Mangga


8. Ada 4 (EMPAT) sistem penulisan dalam bahasa Jepang : romaji, katakana, hiragana, and kanji. Untung selalu minum antimo sebelum belajar Bahasa Jepang (#anti mabok!)
9. Kopi sangat populer, hampir 85% kopi produksi Jamaika diimpor oleh Jepang. Cafe-cafe berjejer di gang sepi sekalipun.
10. Sumo adalah olahraga nasional Jepang, meskipun baseball juga ga kalah terkenal. Sumo wrestlers biasanya makan semacam sayur rebusan dalam nabe yang disebut Chankonabe untuk menggemukkan diri. 


11. Beberapa western style toilets punya built-in bidet system untuk membersihkan bagian "belakang". 


12. Saat makan mie-mie an seperti soba, harus bunyi "slurp" karena itu tandanya rasa mie nya enak. Berlawanan dengan adat kita khan?
13. Vending machine menjual aneka barang seperti beer, kopi (panas-dingin), rokok,  koran, bahan sampai snack.
Vending machine Koran di Stasiun Kurume
Ini isinya aneka macam kosmetik (lipstick, pelembab, dll)
Caloriemate dan masker penutup muka
Aneka macam minuman (kiri: telfon umum, kanan: internet)
14. Ada sekitar 1,500 gempa bumi terjadi tiap tahunnya. Meskipun demikian, belum pernah (*amit-amit jabang bayi #getok-getok meja, jangan sampe!) ngrasain gempa, sebenarnya pernah terjadi beberapa gempa disini. Ga kerasa emang kok!

No comments:

Post a Comment