Jalan-jalan Murah episode: BUDGETING

Yak, setelah mengupas tentang tiket fenomenal bernama 18 Kippu, edisi kali ini akan membahas tentang masalah klasik menyangkut liburan. Tiada lain tiada bukan, urusan dompet. Sebelumnya saya harus mengaku bahwa sehemat apapun usahamu untuk berlibur, perjalanan wisata di Jepang tidaklah murah. Seorang teman saya dari Belgia sempat bilang bahwa biaya travelling di Jepang memang sangat tinggi. Sebagai perbandingan, biaya kartu bus untuk sebulan di Fukuoka katanya setara dengan kartu bus untuk keliling Belgia selama setahun *buka buku tabungan* *terjun dari balkon*.

Berikut saya sajikan pengeluaran yang harus dibayar untuk bisa menikmati Osaka-Kyoto-Tokyo-Mt. Fuji:
1. Tiket 18 Kippu 11,500
2. Hostel Osaka 1,500 x 3 = 4,500
3. Hostel Tokyo 2,500 x 6 = 15,000
4. Universal Studios 6,200
5. Disneyland dan Disneysea 10,800
6. Museum Doraemon dan Ghibli 2,000
7. Tiket masuk objek wisata Kyoto 1,000
8. Tiket Tokyo Tower 1,400
9. Transport Mt Fuji 3,200
10. Tiket di Fuji 1,600
11. Maid Café 2,500
12. Transport lokal Osaka 500
13. Transport lokal Kyoto 500
14. Transport lokal Tokyo 6,000
TOTAL 66,700 yen!!

Total pengeluaran ini hanya mencakup transportasi dan akomodasi. Sementara pengeluaran lain, seperti makan dan oleh-oleh (ini yang bikin kantong robek) tergantung pribadi masing-masing. Tapi sebagai gambaran, makan dalam sehari minimal harus merogoh kocek sekitar 1,500 Yen. Kalikan saja 11. Plus belanja oleh-oleh. Buat beberapa orang, nafsu belanja mungkin bisa ditekan. Tapi buat saya, pergi ke satu tempat gak afdol rasanya tanpa membeli buah tangan khas tempat tersebut. Kapan lagi bisa kesana lagi kan ya? 

Jujur, 11 hari perjalanan Fukuoka-Osaka-Kyoto-Tokyo-Mt Fuji menguras hampir seluruh isi tabungan saya selama 4 bulan. But guess what, saya sama sekali tidak menyesal, meskipun itu artinya saya harus bertahan dengan makan mie goreng telur hingga akhir bulan ini (lebay). Pengalaman dan pemandangan yang saya dapat jauh lebih berharga daripada jumlah uang yang saya keluarkan. Malah, hal yang saya sesali adalah kenapa saya tidak menghemat lebih banyak sehingga bisa jalan-jalan lebih lama dan ke lebih banyak tempat. Enjoy Japan!

Kyoto Tower, Kyoto

Ginza, Tokyo

Tokyo Tower, Tokyo lahhhh..

Kinkakuji Temple, Kyoto

Masih di Kinkakuji :)

Museum Fujiko F. Fujio a.k.a Museum Doraemon, Kawasaki

Museum Gibhli, Mitaka

View Fujiyama, Kawaguchiko

Uang bisa dicari kan ya? Tapi kalo cerita dan pengalaman? :D

12 comments:

  1. wihh jadi tertarik ke doraemon jga, tiket pass nya brapa mba? cara kesananya susah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiket pass museum doraemon seingat saya 1000 yen (sekitar Rp 100.000,-) dan untuk pembeliannya hanya bisa dilakukan di Lawson setiap tanggal 30. Kurang tau apakah bisa dibeli dari luar Jepang atau tidak, tapi kalo emang niat kesana, mungkin tanggalnya bisa di set akhir bulan biar bisa beli tiketnya, hehehe

      mengenai bagaimana kesananya, tidak perlu diragukan. Sangat gampang! Tinggal darimana berangkatnya :)) I mean, saya belum pernah ilang kalo wisata meski kemampuan bahasa jepang saya payah >__<.

      Delete
  2. maaf ya...ada satu soalan berkenaan dengan Doraemon Museum...seperti yang diiklankan didalam website katanya tiket harus di beli dua bulan sebelum...benar ya? contohnya di beli pada bulan July untuk lawatan bulan September?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for stop by.. :)
      Setelah saya cek lagi ke website, sepertinya belum ada perubahan sejak terakhir kali saya kunjungi, maksud saya memang Museum ini dibuka bulan September 2011, jadi menurut saya pengumuman itu dibuat untuk soft openingnya saja, karena waktu itu saya beli tiket pada bulan Agustus, which is hanya selang beberapa hari sebelum kunjungan saya ke museum.
      *saya beli tiket tanggal 30 Agustus, kunjungi museum tanggal 7 September 2011. Semoga membantu ^^

      Delete
  3. mau tanya mba, dalam waktu sangat dekat saya mau ke tokyo, jepang...apakah ada hotel2 murah yg rekomendasi? kalo bisa sih di deket stasiun atau di akihabara...thanks a mill mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbak Melanie..
      Kalo untuk budget hotel (backpacker) sepertinya lokasi yang paling banyak menawarkan pilihan murah adalah di daerah Asakusa. Semua bisa dijangkau dengan subway. Dulu kami menginap di Hostel Khaosan Tokyo Samurai. 1-18-3 Higashi Komagata, Tokyo, Japan.
      Email: samurai@khaosan-tokyo.com
      Untuk type Basic 4 Bed Female Dorm kami dikenakan biaya 2.500 yen/orang/malam. Tapi karena sesuatu hal, saat kami sampai malah diberi Basic 2 bed Female dorm jadi berasa kamar pribadi.
      Saya kurang tau untuk hostel di daerah Akihabara. Coba search di hostels.com

      Jangan lupa mencoba Maid Cafe (Maido Cafe) kalo di Akihabara. Letaknya tepat di depan stasiun Akihabara ^^

      Semoga membantu dan have a nice trip!!

      Delete
  4. hai dee...mau nanya, kalo aku rencana ke museum doraemon tanggal 6 april 2013, trus mau beli tiketnya tanggal 3 april 2013 kira2 bisa ga ya? soalnya aku baru nyampe tokyo tanggal 3 april.
    thanks yaaahh :):):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Rina..

      ehmmmm.. sepertinya itu akan sulit dilakukan mengingat memang tiket hanya dijual di Lawson di Jepang setiap tanggal 30. Kira-kira berapa lama akan berkunjung ke Jepang? Apakah ada teman yang bisa dimintai tolong di Jepang? Mungkin bisa minta tolong dibelikan teman dulu. Semoga berhasil ^^

      Delete
    2. hai dee,
      oh begitu ya..ada sih temen yang mau visit jepang juga awal maret ini. oke, mungkin aku titip dia aja. thank you yah :)

      Delete
  5. saya tanggal 2-10 Nov mau jalan2 ke Jpena dg tujuan Tokyo,Kyotto dan Osaka.......tp setelah meihat review vita jadi tertarik untuk ke Fujiyama, Kawaguchiko, kalau boleh tahu soal transport dan akomodasi selama perjalanan kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Annisa.. untuk transportasinya bisa cek ke http://www.japan-guide.com/e/e6905.html

      Terima kasih dan semoga membantu ^^
      Have a nice trip yaa

      Delete
  6. wiwh.. serunya mb.. >.< bikin tur ke jepang jg dong mb.. hihi

    ReplyDelete