Cerita Awal Tahun 2012 di Jepang

Yippy!! postingan pertama di tahun baru. Banyak yang bertanya bagaimana suasana tahun baru di Jepang, tapi berhubung saya memilih bertahan di zona nyaman saya #baca: kamar dorm, jadi tahun baru di Jepang yaaaa..nothing special! Selain itu, dari dulu juga saya bukan pengikut aliran yang merayakan tahun baru (dalam arti jedor2 kembang api ato nonton konser musik, ato apapun lah). Tapi saya pastikan akan ada cerita seru seputar pengalaman tahun baru di Jepang yang akan segera diposting-kan oleh teman seperjalanan saya, Diah. Tanoshimiiiii..!
Meski tidak secara langsung merasakan pengalaman bertahun baru bersama keluarga Jepang, tapi pengalaman hari ini patut menjadi renungan #beuh, berat bahasanya! Jauh hari sebelum tahun baru datang, banyak orang mewanti-wanti bahwa beberapa departemen store dan grocery akan tutup saat tahun baru. Tahun baru layaknya LEBARAN di Indonesia dimana semua orang pulang kampung, berkumpul bersama keluarga, makan besar, dan bagi-bagi angpao. See? Ini lebarannya ala Jepang kalo saya bilang. Maka tidak heran jika kantor-kantor pelayanan umum juga ikut libur, seperti bank (artinya uang beasiswa baru akan akan turun tgl 4 Januari >_<). Awalnya saya berniat killing time hanya dengan bertahan di kamar hangat nan nyaman saya, namun kulkas bicara lain. Stok makanan kosong, begitu pula dengan beras dan bahan makanan lain. Mau tak mau, saya harus keluar dari zona nyaman dan bergegas keluar menerjang hawa dingin demi membeli....beras!! Beberapa alternatif tujuan sempat terpikir berikut dengan resikonya:



1. Nishitetsu Store yang bisa dijangkau dengan jalan kaki (awal bulan yang kere), tapi mengingat itu toko yang tidak terlalu besar, saya ragu apakah si toko buka di awal tahun ini. Selain itu, berjalan kaki dengan membawa 2 kg beras dan tetek-bengeknya di suhu sedingin ini bukan pilihan yang tepat menurut saya. 
2. Lumiere (Rumieru) adalah toko idaman murah meriah di dekat dorm. Kalau saja sudah charge kartu bis sih ga masalah. Tapi berhubung lagi kere hore, dan kesana itu butuh 310 yen oneway (setara dengan harga 1 kg daging ayam) dan artinya jadi setara dengan 2 kg ayam karena bolak-balik 720 yen, maka diputuskan tidak pergi kesana. >_<
3. FamilyMart. Konbini (convenient store) 24 jam. Deket dorm, bisa jalan kaki juga. Tapi itu artinya saya hanya akan dapat makanan jadi, bukan beras. Artinya lagi saya masih harus keluar dorm besok buat beli makanan lagi. No no no, big no! Dingin2 gini ga baik sering2 keluar dorm kata pacar saya ^^.
4. AEON dept store. Ini nih godaan terbesarnya. Meski harganya standar, ga semurah di Lumiere, tapi tempat ini menyediakan berbagai tempat menarik buat cuci mata. hahaha #alasan. Setelah cek dan ricek schedule bis di internet, berangkatlah saya kesana, meski bisa ditempuh dengan jalan kaki, saya memilih naik bis dan membayar 160 yen. 


Syahdan, saya tiba di bus stop tepat waktu. Tak berapa lama si bis datang!! Yeah, emang Jepang nomer 1 kalo udah ngomong masalah disiplin. Pas lewat toserba terdekat, kok tutup? wah, saya mulai was-was. Jangan2 semua toserba tutup? Aduh, bagaimana dengan nasib perut saya 3 hari ke depan? #lebay! Tapi demi cacing2 di perut, saya tetap pada tujuan awal saya. YEEEE! sampe disana, banyak mobil parkir, dan lampu2 di dalam nyala. Misi berhasil! Melenggang kaki masuk mall, tujuan pertama adalah..starbucks! dingin dari luar membuat saya mendadak pengen minum Azuki Matcha Latte dan sepotong kue-yang-saya-lupa-namanya. Sambil duduk menikmati kopi #sebut saja begitu, sayup2 mbak2 dan mas2 penjaga toko berteriak-teriak pake TOA yang intinya bilang ada sale. WHAT? SALE?!! Ahhhh, kenapa justru di saat kere hore begini ada sale ampe 50%? Stres melanda, semua toko di Aeon berlomba2 jual dagangan dengan harga murah. Bahkan mereka sediakan pula paket khusus yang dibungkus rapi dalam tas. Ga tau juga apa isinya dan gimana dapetinnya. Heboh! Semua orang pada bawa tas belanjaan. Daripada tambah stres, saya putuskan untuk segera membeli beras saja dan langsung pulang. Pengalaman berbulan-bulan kesini, terpatri jelas dalam ingatan saya kalo trayek bis menuju kampus saya hanya ada 1 kali/jam, yaitu di menit ke 35 tiap jamnya. YOSH!! baru jam 6.33, masih kekejer ampe bus stop depan mall. Ringan langkah saya menuju kesana. Banyak orang menunggu dan dengan rapinya membuat antrian. Lagi2, Japanese loves making line! Sambil menunggu, saya amati cewek2 yang bawa tas belanjaan besar, hemmmm, dari labelnya sih baju. Ibaratnya kita saling kenal, beginilah kemungkinan dialog yang terjadi:


Saya : eeee..A-chan, belanja juga?
A : Iyaaa, mumpung lagi diskon. Tadi beli bla bla bla blaaaa...

Saya : Oh, bagus-bagus #sambil manggut-manggut
A : Tas kamu banyak amat, belanja juga?

Saya : eh? iya, hehehe..
A : Beli apa aja kok berat amat keliatannya?

Saya : anuuuu, beras..


#zinkkkkkkkkk..gerombolan suster ngesot lewat :D


oke, itu hanya hayalan orang kere yang ga mampu belanja baju saat diskon digelar. Kembali ke bus stop, ditunggu dan ditunggu kok si bis ga dateng2? Kagak biasanya telat ampe 10 menit. Saya cek ulang jadwal di board, bener kok menit ke 35. ahhh, mungkin bentar lagi. Beberapa kali orang jongkok ngeliat ke jadwal paling bawah. Ditulis pake kanji, kagak ngerti saya. Dan masih belum ngeh, sampe akhirnya setengah jam berlalu. Bukannya apa2, DINGIN MAK!! Pertama karena emang musim dingin, kedua itu mall di tepi pantai, angin Korea datang deh! Meski tak seberapa jauh dari dorm dan bisa dijangkau dengan jalan kaki, bukanlah pilihan yang baik menerjang dinginnya suhu ini dengan membawa belanjaan, terutama beras 2 kg. Arghhhh! Keki dengan si bis, saya cek lagi dan benar saja, Sodara-sodara! Saya salah jadwal! #misuh2! Sehubungan dengan momen akhir dan awal taun, jam operasi bis berubah, bukan di menit ke 35, tapi 25!! GREAT!! Dan sukses saya dibuat kedinginan di halte bis selama kurang lebih 45 menit! Sebenernya bisa saja saya balik lagi ke dalam mall, tapi jalan-jalan cuci mata dengan nenteng belanjaan dan BERAS juga bukan ide yang bagus. Nah, ini cerita awal tahun saya, bagaimana cerita awal tahun anda?

3 comments:

  1. hai mau tanya kalo tgl 1-3 januari biasanya mall atau tempat wisata di tokyo tutup atau buka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii..

      karena saya belum mengalami tahun baru di tokyo, jadi saya tidak bisa menjawab dengan pasti apakah mall akan buka di tanggal itu. kalo untuk tempat wisata, bisa cek ke web lokasi wisata yang dituju. kalo untuk shrine/kuil biasanya akan ramai pada malam tahun baru dan hari pertama tahun baru..

      Delete
  2. haii..jd kalo mau beli beras ga bs di family mart? trus berapa hrg beras saat ini di sana .. :p rencananya bln ini mau backpackeran ke tokyo..thx

    ReplyDelete