Yatai, angkringannya Jepang

Pertama datang dan jalan-jalan di Fukuoka, saya sering melihat warung-warung kecil mirip angkringan di Jogja yang ditutupi tirai atau spanduk dan biasanya dilengkapi dengan lampion merah khas negeri 1000 apato ini. 


Yak, itulah Yatai, angkringannya Jepang. Menurut narasumber, Yatai adalah warung makan yang biasanya beraktifitas di musim semi di pinggir-pinggir jalan, dan biasanya berjualan pada sore hari dan tutup pada malam hari ato bahkan biasanya ada yang sampai subuh. Makanan yang mereka jual biasanya makanan tradisional Jepang, bir dan sake. Yatai ini bisa ditemukan hampir di semua daerah di Jepang, namun Fukuoka menjadi tempat yang paling terkenal akan Yatai ini. Biasanya makanan yang mereka sajikan adalah Yakitori, Oden dan Hakata Ramen yang merupakan makanan kebanggaan bagi masyarakat di Fukuoka. Kalo di Jogja, bukan angkringan kalo ga ada nasi kucing, maka di Fukuoka bukan Yatai kalo ga ada ramen. Kalo ingin mencicipi beer dan sake dengan harga murah, di sinilah tempatnya. Kebanyakan, kios-kios ini buka saat malam hari dengan penerangan lampu kecil yang digantung. 


Kami ragu-ragu untuk masuk dan mencoba makanan ala angkringan Jogja ini. Kebanyakan menyajikan menu ramen dan beberapa ada yang mencantumkan kanji "buta" which is means babi. Penasaran dengan Yatai ini, kami nekad masuk dan disambut ramah oleh ibu penjual makanan yang gahooool habis (liat deh dandanannya di foto). Hal pertama yang dilakukan tentunya menanyakan menu apa saja yang tidak berbahan babi. Untung bawa "kamus berjalan" si Nita yang bisa jadi penerjemah..hahaha..



Setelah cas cis cus nanya ini itu, pilihan Nita jatuh pada Yakitori alias si sate ayam Jepang. Diah mencoba ramen, dan saya memilih ikan (yang lupa namanya). Tak berapa lama, pesenan jadi dan kami bengong. 


Tidak ada nasi? Serius??! Perut Indonesia kami belum bisa menerima apa yang disebut "makan" kalo tanpa nasi. Si ibu meminta maaf karena Yatai memang tidak menyediakan nasi. Hemm, pelajaran moral berikutnya, kalo mo ke Yatai bawa nasi dari rumah..


2 comments:

  1. hummm...nice experience...share another post, please (^^)V

    ReplyDelete
  2. mbak joe..miss u..thanks udah komen..ini baru belajar mengabadikan semua hal yang kulakukan disini..but sorry, I am not good in writing..jadi yaaa, beginilah..semoga bisa bermanfaat ^^

    ReplyDelete